
Selain dapat menjadi faktor pemicu, makanan juga dapat menjadi faktor pencegah kambuhnya migren. Berikut makanan yang telah diketahui :
1. Karbohidrat. Makanan mengandung karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin, suatu senyawa kimia dalam otak yang bertanggung jawab dalam menyampaikan pesan antar sel-sel saraf. Menjalani pola makan yang tinggi karbohidrat kompleks dan rendah lemak bisa membantu bagi sebagian besar penderita migren.
2. Vitamin B6 seperti juga karbohidrat kompleks, vitamin B6 membantu meningkatkan kadar serotonin di otak. Jadi pastikan kebutuhan vitamin B6 harian anda tercukupi, yaitu sekitar 1,6 mg untuk perempuan dewasa dan 2 mg untuk pria dewasa. Sumber vitamin B6 yang baik bagi penderita migren adalah ikan tuna, serealia tumbuk utuh, havermout, beras pecah kulit, kentang, dan jagung.
3. Mineral-mineral. Terpenuhinya kebutuhan mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium dapat membantu melindungi anda dari serangan migren.
KALSIUM. Dalam sebuah penelitian, perempuan yang mengonsumsi 200 mg kalsium per hari (20% dari angka kecukupan gizi harian) lebih jarang mengalami episode migren dibanding perempuan yang kurang kalsium. Sumber kalsium terbaik diantaranya udang kering, teri kering, tempe, tahu, bayam, sawi, daun melinjo, dan daun katuk.
ZAT BESI. Bila tubuh kekurangan zat besi sel-sel darah merah tak mampu membawa oksigen sebagaimana seharusnya. Akibatnya, pembuluh darah akan melebar agar lebih banyak darah yang dapat lewat, ini akan menyebabkan migren. AKG zat besi harian adalah 13 mg bagi pria dewasa dan 14-26 mg bagi perempuan dewasa. Zat besi banyak terdapat dalam tempe kacang kedelai murni, kacang merah, udang dan ikan segar, daun kacang panjang, bayam, sawi, daun katuk, dan kangkung.
MAGNESIUM. Penelitian menunjukkan, orang-orang yang rentan migren seringkali takpunya cukup magnesium dalam sel-sel otaknya. Maka bila kebutuhan harian sebesar 280 mg untuk pria dan 250 mg untuk perempuan tercukupi, migren biasanya dapat dihindari. Magnesium terkandung dalam kacang-kacangan, serealia tumbuk, sayuran hijau dan teri.
4. Kopi. Secangkir kopi mungkin dapatmelegakan nyeri migren, karena kafein dapat memperkecil pembuluh darah yang melebar untuk sementara. Tetapi jangan sampai berlebihan, terlalu banyak kafein justru menyebabkan migren. Batasi asupan kafein maksimal 200 mg per hari.
5. Kedelai. Sekelompok ilmuwan dari
Yale University School of Medicine berteori, kedelai dan produk olahannya bisa mengusir jenis migren tertentu. Kedelai mengandug isoflavon yang dapat meringankan migren yang berhubungan dengan
hemorrhagic telangiectasia, semacam kelainan pembuuh darah. Hasil penelitian ini membutuhkan riset lebih lanjut, tetapi karena kedelai punya banyak nila plus bagi kesehatan anda, tak ada ruginya anjuran ini diikuti.
6. Jahe. Dari Odense University, Denmark diaporkan bahwa jahe dapat menangkal prostaglandins, senyawa yang mebuat pembuluh darah meradang dan akhirnya mengakibatkan migren. Masih terlalu dini untuk memastikan berapa dosis jahe yang dibutuhkan untuk mendapatkan efek terapeutik, cobalah 1-2 gram jahe segar parut yang diseduh dengan secangkir air mendidih selama 5 menit. Sesaplah teh jahe ini bila migren menyerang.
Makanan yang sejauh ini tampaknya aman bagi penderita migren adalah nasi (terutama beras merah dan beras coklat), sayuran berdaun hijau masak misalnya brokoli, bayam, kangkung, dan dau singkong. Begitu pula dengan sayuran yang berwarna kuning dan orange seperti labu, wortel, dan kentang. Buah-buahan umumnya cukup aman dikonsumsi, sepanjang bukan dari buah-buahan sitrus (jeruk-jerukan) apel, pisang, peach, dan tomat.
Gaya hidup sehat juga menentukan kualitas hidup anda. Olahraga teratur , mengelola stress denan baik, dan istirahat cukup bisa menjarangkan kambuhnya migren. Selain pemilihan bahan makanan, yang juga harus diperhatikan bagi penderita migren adalah waktu makan. Jaga agar kadar gula darah tetap stabil. Bagi waktu makan menjadi lima kali hidangan, dengan porsi secukupnya daripada anda makan 3 kali namun dengan porsi besar. Dengan pola makan yang baik dan pemilihan bahan makanan yang tepat, niscaya anda dapat mengendalikan migren dengan baik.
Sumber : Majalah Life Healthy